Rabu, 27 Februari 2019

Instruksi Dan Tips Kerja Bar Bending

Di abad 21 ini inovasi di bidang konstruksi masih belum mati juga. Bahkan bisa dibilang perkembangan jaman ditandai oleh teknologi dunia konstruksi yang semakin maju. Tak heran jika banyak bermunculan inovasi mesin yang sangat berguna bagi dunia kerja konstruksi, contohnya bar bender. Telah banyak toko perkakas yang menjual bar bender tersebut. Mesin ini merupakan mesin pembengkok baja tulangan untuk membentuk sudut-sudut sesuai dengan gambar perencanaan.

Cara penggunaan mesin ini sangat efisien dan cepat. Dalam sehari, mesin bar bender dapat menghasilkan puluhan baja tulangan yang sudah dibengkokkan. Dengan mesin ini, kerja konstruksi akan lebih ringan dan kualitasnya sudah tidak dipertanyakan lagi.   

Untuk mendapatkan baja tulangan dengan pola tekukan yang sesuai kebutuhan serta berstandar kualitas, pekerja konstruksi dapat langsung mengeksekusi baja tulangan yang hendak dibengkokkan pada mesin tersebut. Instruksi kerja bar bending amatlah mudah, langkah pertama adalah memasukkan baja tulangan yang hendak dibengkokan di tengah-tengah poros.

Setelah itu lakukan pengaturan sudut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan beserta panjang bengkokan. Pegang ujung tulangan pada bagian poros pembengkok dengan kunci pembengkok. Kemudian tekan pedal agar roda pembengkok berputar sesuai sudut yang telah diatur.


Menggunakan bar bender memang sangat simple, tetapi jika tidak digunakan dengan hati-hati atau cara yang benar mesin ini dapat membahayakan keselamatan pekerja jasa kontraktor rumah dan orang - orang di sekitarnya. Teknik pembengkokkan  memang memiliki resiko yang fatal seperti komposisi bangunan yang tidak sesuai dan dapat membahayakan seisi bangunan. 

Maka dari itu, demi keselamatan pekerja konstruksi dan pengguna bangunan di masa yang akan datang, ada kaidah-kaidah yang harus dipatuhi mengenai instruksi pembengkokan dengan menggunakan mesin Bar Bender. Kaidah ini berguna agar pekerjaan memenuhi prosedur dan hasilnya aman dipakai dalam jangka lama. Berikut adalah beberapa tips yang bermanfaat dalam instruksi kerja bar bending.

Tips Instruksi Kerja Bar Bending


1.    Pastikan baja tulangan yang hendak dibengkokan tidak berkarat, berminyak, berlumpur, atau mempunyai pencemaran dalam bentuk apapun.

2.   Lalu lakukan penelitian dimensi baja tulangan dan lihat kembali tabel atau diagram yang memuat informasi mengenai jangkauan panjang besi, sudut bengkokan, dan banyak baja tulangan. Penelitiaan ini harus dilakukan untuk menghindari kelalaian pembengkokan yang berakibat fatal bagi pengguna bangunan di masa depan.

3.      Baja tulangan berdiameter 2 cm atau lebih harus dibengkokan dengan mesin bar bender.

4.      Dilarang membengkokkan baja tulangan yang sudah bengkok ke arah yang berlawanan.

5.   Jika ingin meluruskan baja tulangan yang sudah dibengkokan, maka tidak dianjurkan untuk melakukannya pada ruas di lebih dari 60 cm dari bekas bengkokannya.

6.  Baja tulangan yang akan dibengkokan harus berada dalam suhu  dingin karena proses pembengkokan yang menggunakan metode panas hanya boleh dilaksanakan atas ijin quality control proyek konstruksi.

7.   Tidak dianjurkan untuk menyiramkan air kepada baja tulangan yang dibengkokkan dengan metode panas.

8.  Baja tulangan yang sudah tertanam dalam beton tidak boleh dibengkokan atau diluruskan kembali. Kecuali jika pekerja konstruksi sudah mendapatkan izin dari perencana konstruksi.

9.   Pekerja konstruksi harus meneliti kembali setelah baja tulangan selesai dibengkokan sampai memperoleh hasil yang sesuai dengan gambar yang ideal.
Instruksi kerja mesin bar bending memang terlihat simple, namun hanya orang-orang yang sudah berpengalaman dan professional-lah yang sebaiknya menggunakan mesin bar bender.Tetapi tak memungkiri jika anda ingin mencoba menggunakan mesin bar bender. Tentunya dibawah pengawasan seorang professional dan tak lupa mengikuti instruksi kerja dan tips diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar